082340605837 [email protected]

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

07 Jul 2022

Oleh Eni Faristya

Guru Bimbingan Konseling SMPN 1 Tarokan

PERISTIWA (FACT)

LATAR BELAKANG

Dalam Filosofi Ki Hajar Dewantara mengemukakan anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri, pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodratnya itu, sehingga guru harus mampu melihat bakat, minat, kreatifitas anak dan apa yang dibutuhkan anak di dalam pembelajaran sehingga guru bisa mengemas pembelajaran di kelas atau di luar kelas dengan berpusat dan berdampak pada anak sesuai dengan profil belajar dan kesiapan murid dalam pembelajaran. Pendidikan adalah tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Adapun tujuannya adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Dalam kesempatan ini, Program Sekolah yang berdampak pada Murid yakni program “PAKAR SEWU” Panen Karya Seni dan Kewirausahaan merupakan wadah untuk mengapresiasi hasil karya dan kreatifitas murid yang telah dilaksanakan dalam proses belajar selama dua atau tiga bulan sekali untuk di demonstrasi di depan seluruh warga sekolah. Kegiatan tersebut diikuti seluruh murid sebagai bentuk tanggung jawab dan peran serta mengikuti pembelajaran selama 3 bulan yang dilalui. Program PAKAR SEWU ini untuk melatih intelektual siswa, memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki jiwa sosial, komunikatif, tanggung jawab, percaya diri, mandiri dan menumbuhkan rasa saling menghargai serta menjadi manusia berkarakter sesuai dengan potensi dan kreativitas masing-masing yang terbentuk melalui nilai-nilai dalam kegiatan kewirausahaan dalam kegiatan pameran karya dan market day.

Terbentuknya program ini merupakan hasil dari masukan siswa dalam kegiatan pembelajaran, mereka mengajukan kegiatan yang ingin mereka tampilkan diakhir triwulan pembelajaran, sehingga masukan da ide kegiatan dari siswa kemudian menjadi bahan saya untuk diajukan kepada KS dan stakeholder sekolah. Kemudian setelah disetujui maka disampaikan kepada Rekan Guru dan kemudian disosialisasikan kepada siswa.

Program ini merupakan salah satu penerapan program merdeka belajar yang berpihak pada murid di mana di PAKAR SEWU ini anak diberi kebebasan untuk mengekspresikan dirinya sesuai dengan kemampuan, bakat dan potensi dirinya. Program ini merupakan kegiatan intrakurikuler hasil kolaborasi seluruh mata pelajaran, sehingga melibatkan semua elemen yang ada di sekolah, baik KS, Guru, Murid dan tenaga Kependidikan dan menggunakan sarana Prasarana penunjang yang ada di sekolah. kegiatan ini setiap kelas harus menampilkan hasil karya untuk dipamerkan dan dijual, serta menampilkan talenta sesuai bakat dan kreatifitas  masing-masing kelas, baik talenta dalam bidang Seni maupun dalam bidang olahraga. Sehingga anak-anak mempersiapkan diri sesuai dengan kemampuan dan bakat minatnya.

Penampilan Yel-Yel Kelas dan Semangat Profil Pelajar Pancasila kelas 9G dan kelas 7C

 

Penampilan Tari-Tarian dari kelas 8C dan 9C

 

Tampilan dari siswa kelas 7A

 

Lukisan Karya Siswa kelas 8C yang di Pamerkan

 

Pidato oleh Belinda Suryadianti 9B

 

Anak-anak yang dengan senang sekali menikmati setiap tampilan yang disuguhkan

 

Alasan dilaksanakannya program kegiatan ini adalah agar semua siswa mampu mengeksplore semua kemampuan dirinya, mengenali bakat dan minatnya melalui beragam kegiatan yang bisa dilaksanakan dalam setiap pelajaran, sehingga masing-masing siswa terdeteksi kemampuan dirinya, jika pada kegiatan tertentu siswa bisa menampilkan kemampuan dirinya secara bergantian tidak pada siswa tertentu saja.

Hasil dari kegiatan program PAKAR SEWU ini banyak sekali, diantaranya banyak diketahui banyak sekali bakat minat dan potensi siswa yang selama ini belum terdeteksi secara umum akhirnya diketahui banyak anak yang memiliki talenta yang luar biasa, memiliki jiwa seni dan entrepreneurship yang bagus dalam memanagemen kegiatan yang mereka rencanakan. Manfaat lain sebagai hasil dari kegiatan ini adalah terlatihnya intelektual siswa, memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki jiwa sosial, komunikatif, tanggung jawab, percaya diri, mandiri dan menumbuhkan rasa saling menghargai serta menjadi manusia berkarakter sesuai dengan potensi dan kreativitas masing-masing yang terbentuk melalui nilai-nilai kewirausahaan.

 

Perasaan (Feeling)

Suasana Bahagia yang ditampakkan siswa dalam kegiatan sangat membuat saya sebagai CGP sangat Bahagia karena mereka sangat menikmati dan menjalankan dengan penuh Semangat dan perasan Senang sehingga Kegiatan apapun yang mereka laksanakan bisa berjalan dengan penuh rasa Tanggungjawab dan terjalin Kolaborasi yang kuat dalam masing-masing kelas baik antar siswa dan dengan wali kelas juga dengan Guru Mapel masing-masing, Sehingga Program ini berjalan lancar dan penuh kebahagiaan dirasakan oleh seluruh warga Sekolah.

 

Pendampingan bagi siswa yang ingin mendalami TIK

 

Pendampingan bagi siswa yang ingin belajar Tata Boga

 

Kegiatan Market Day sebagai bagian dari Enterpreneur Siswa di Sekolah

 

Bapak Ibu Guru Juga memberikan Tampilan Senam Profil Pelajar Pancasila sebagai dukungan dan memberikan semangat kepada Murid yang juga akan tampil untuk Yel-Yel dan Senam Profil Pelajar Pancasila

 

Pendampingan untuk Murid yang ingin belajar Decopage dan keterampilan/Kerajinan

 

 

Pembelajaran (Finding)

Banyak sekali pembelajaran yang didapatkan dari menjalankan Program PAKAR SEWU ini, diantara adalah begitu sangat berharganya jika terjalin kolaborasi yang kuat antara semua elemen sekolah ini, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar karena dukungan dan kolaborasi yang hebat semua Elemen, Hal lain yang berharga yang saya rasakan adalah ketika kita memberikan kepercayaan penuh kepada siswa untuk bisa mewujudkan rasa memiliki dengan kegiatan ini, siswa diberikan kebebasan dalam mengekspresikan dirinya menampilkan bakat minatnya serta potensinya dengan maksimal karena merasa nyaman tidak dalam tekanan dalam menjalankan kegiatan, hal ini yang membuat kami selaku Guru takjub karena banyak sekali kemampuan anak yang terdeteksi dalam kegiatan ini.

Mewujudkan hal ini sangat berpengaruh sekali terhadap pencaiapan meningkatnya intelektual siswa, menjadijan mereka memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki jiwa sosial, komunikatif, tanggung jawab, percaya diri, mandiri dan menumbuhkan rasa saling menghargai serta menjadi manusia berkarakter sesuai dengan potensi dan kreativitas masing-masing yang terbentuk melalui nilai-nilai kewirausahaan.

Pembelajaran lain yang saya dapatkan adalah bagaimana saya sebagai CGP Bersama rekan Guru lainnya berusaha untuk bisa membangkitkan semangat-semangat siswa yang masih pasif, siswa yang belum mampu mengenali dan menemukan potensi dirinya, siswa yang masih pemalu dan kurang percaya diri mereka memiliki ketakutan dan kekhawatiran untuk tampil didepan seluruh warga Sekolah, hal ini menjadi bagian dari evaluasi saya dalam menjalankan program ini.

 

 

Penerapan ke Depan (Future)

Dalam menjalankan program ini banyak sekali manfaatnya, dengan berjalannya program banyak juga hal yang harus diperbaiki sebagai bahan evaluasi dari refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan. Rencana perbaikan untuk kegiatan mendatang bagi saya adalah meningkatkan kolaborasi dengan Rekan sejawat yang tahu langsung bagaimana membantu siswa mengaktifkan secara langsung dalam setiap pembelajaran dikelas, sehingga meningkatnya kemampuan siswa untuk mengenali potensi serta bakat minat yang dimiliki, sehingga sejak awal-awal kegiatan akan terdeteksi siswa yang pasif dan perlu diadakan pendekatan personal untuk diberikan layanan pendampingan khusus agar anak tersebut memiliki semangat dan keyakinan akan kemampuan dirinya.

Sisi lain yang harus diperbaiki adalah mengupayakan segala bentuk kegiatan dan hal yang menjadi keinginan siswa untuk bisa dilaksanakan dan ditampilkan dalam Gelar karya siswa dalam Program PAKAR SEWU berikutnya. Terima kasih dan Semangat untuk Selalu memberikan yang terbaik untuk Murid.

Eni Faristya
CGP Angkatan 4 Kab Kediri Jawa Timur